Port Download Mode Berubah Benjadi HS-USB Diagnostic 900E

Port Download Mode Berubah Benjadi HS-USB Diagnostic 900E

Kasus pada Redmi 3S service~an.
Mengapa port download mode ini tiba-tiba berubah yang parahnya lagi mengakibatkan ponsel Xiaomi tidak dapat di flash? Ini adalah pertanyaan saya saat mendapat masalah ini, terutama karena Redmi 3S yang saya flash awalnya hidup namun setelah saya coba flash, smartphone ini langsung matot alias mati total dan tidak dapat di flash.

Awalnya Redmi 3S masih menyala atau hidup. Cuma karena Redmi 3S kena miCloud, maka saya berinisiatif untuk flash dengan Fastboot ROM Global Xiaomi Redmi 3S.
Di Saat flashing pertama kali port masih di HS-USB Diagnostic 9008 mode dan di download mode juga masih terdeteksi di MiFlash jadi saya flash saja dengan normal.

Untuk flashing di awal sudah sukses tanpa ada kendala dan flash finish dengan sempurna tapi  setelah Redmi 3S di hidupkan tidak ada respon sama sekali dan saya coba charge juga tidak ada penampakan batery di charge,

Karena merasa penasaran dengan error ini, saya kembali mencoba flash ulang dengan melepas dan memasang lagi kabel USB Redmi 3S dan saya baru tahu error port ini,di device manager. Jadi saya berasumsi bahwa penyebabnya adalah karena ponsel sedang hardbrick ringan atau bisa di bilang softbrick parah.

Lalu bagaimana mengatasi masalah tersebut? Mengulang semua step untuk bisa masuk download mode  tidak berhasil dan portnya tetap terdeteksi HS-USB Diagnostic 900E.
Saya coba menghapus dan menginstal ulang driver port juga tidak membawa perubahan. 
Dan coba menggunakan kabel DFC untuk force download mode juga tidak berhasil. 
Dan terus terang saat itu membuat saya bingung ponsel orang nanti pasti suruh ganti baru xixixi.

Pada akhirnya karena saya berpikir ponsel ini masih dalam keadaan hidup, Namun berbagai cara  tidak ada perubahan, maka satu-satunya cara untuk membuat bangkit lagi si  Redmi 3S adalah dengan melepas konektor baterainya, dari board mesin atau terpaksa bongkar total.

Pertama-tama lepas casing penutup belakang Redmi 3S dengan hati-hati, Bisa menggunakan simcard bekas atau gunakan bekas kartu kredit xixixi bisa  juga dengan bekas potongan simcard bekas paketan ingat jangan buka dengan carter atau pinset. Dan untuk Membuka tutup belakang Redmi 3S tidak begitu sulit, ada juga tutorial untuk membuka bisa anda dapatkan di youtube untuk lebih jelasnya, Yang pasti saat membukanya, lakukan dengan hati-hati karena terdapat kabel flexsi dan konektor yang menghubungkan antara board / mesin dengan fingerprint pada penutup belakang.

Setelah penutup belakang berhasil dilepas, maka anda akan melihat board atau mesin Redmi 3S. Dan Untuk membuat hidup lagi atau biar port terdeteksi lagi dengan mode HS-USB Diagnostic 900 Redmi 3S sangat  mudah , cukup melepas socket yang menghubungkan baterai dan mesin dengan hati-hati menggunakan pinset plastic atau kuku. 
Untuk berjaga-jaga biar tidak konslet, jangan lupa lepas juga socket USB, kemudian pasang socet batery kembali.

Selanjutnya coba hidupkan kembali Redmi 3S anda (untuk di kasus Redmi 3S saya bisa kembali hidup,cuma kehabisan batery) , atau bisa kembali ke download mode untuk melakukan flash ulang fastboot rom menggunakan MiFlash. (Apabila sebelumnya anda mengalami error flash), seperti yang saya alami tadi dan ini menjadi pengalaman menarik xixixi.

Port Download Mode Berubah Benjadi HS-USB Diagnostic 900E

Sedikit  catatan saya :
Apabila sulit untuk masuk ke download mode pada model Xiaomi Redmi 3S Redmi Note 3 atau Pro, anda bisa mencoba menggunakan cara test point, atau dengan menggunakan Deep Flash Cable.
Deep Flash Cable atau DFC merupakan alternatif yang aman untuk memaksa model xiaomi Redmi 3S Redmi Note 3 atau Pro masuk ke download mode dikarenakan kita tidak perlu membongkar mesin ponsel.

Berbeda halnya jika menggunakan test point, diperlukan keahlian khusus untuk bisa membongkar mesin ponsel dan tentu hal tersebut memiliki resiko yang tinggi.

Cukup melelahkan tapi cukup senang karena bisa tulis nota panjang, sekian terimakasih sudah membaca keluh kesah saya.

biz net

Popular Posts